Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Sunday, September 23, 2012

Target Pensiun

Kemaren sore saya meeting dengan salah seorang klien saya, yang menjabat sebagai vice president Bank Mandiri, di Taman Anggrek. Kebetulan dia sedang mendesain rumah nya di Jogja sama saya. Selain membahas desain rumahnya, kami juga berdiskusi tentang investasi dan bisnis serta impian untuk pensiun dini. Beliau ini berencana pensiun dini dalam waktu 3 tahun lagi dan tinggal di Jogja sambil menikmati pendapatan pasifnya dari hasil investasi selama ini. Beliau berencana agar standar hidupnya tidak mengalami penurunan, maka beliau menargetkan mendapat pendapatan pasif salah satunya dari sewa apartemen-apartemen yang dimilikinya.

Berbeda dengan saya, karena bukan berlatar belakang bidang keuangan, maka exit strategy saya adalah dengan membangun bisnis sebanyak-banyaknya sebelum pensiun dan menyerahkan pengelolaan nantinya ke tangan professional sehingga saya bisa menikmati pendapatan pasif dari deviden yang akan dibagikan atau dengan menjual sebagian saham yang saya miliki.


Target pensiun saya dan beliau berbeda, dan jujur saja masing-masing dari kami sudah melewati target pensiun dini impian kami. Saya bermimpi untuk pensiun dini di usia 30 tahun, sekarang 34 tahun. Beliau punya impian pensiun dini di usia 40 tahun, sekarang 42 tahun. Karena sudah lewat, saat ini saya sedang berjuang untuk bisa pensiun di umur 35 tahun atau satu tahun dari sekarang. Target pensiun dini saya gak muluk-muluk kok, cukup pendapatan pasif saya lebih besar dari pengeluaran bulanan saya dan masih ada lebih untuk bisa di investasikan kembali.

Mustahil? Gak tau juga yah, namanya juga target dan impian. Masalah tercapai atau tidak urusan belakang yang penting action dulu. Sambil belajar selama perjalanan mencapai impian kita itu, masalah selalu ada hanya tinggal bagaimana kitanya sendiri mau belajar untuk mengatasinya atau tidak? Dan jangan lupa berdoa mohon tuntunan dari TUHAN agak tidak salah jalan. Selamat pensiun dini!  

1 comments:

  1. Menarik bang, saya juga seorang enterpreneur. Waktu itu baca buku rich dad poor dad pas SMA. Sedikit demi sedikit dipraktekan, Alhamdulillah sekarang punya kantor konsultan bareng temen2. Umur saya masih 23. Sering2 share pengalamannya bang, biar jadi panutan kita2 yang masih umur sejagung.

    ReplyDelete