Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Wednesday, July 01, 2015

Mindset

Di tahun 2015 ini rasanya banyak yang merasakan betapa ekonomi negara kita mulai merasakan yang namanya resesi. Dari pembicaraan dengan beberapa sahabat, rekan bisnis, klien dan nguping pembicaraan orang kalau lagi di tempat umum, banyak yang bilang keadaan ekonomi tahun ini sangat berat. Penjualan properti turun dengan drastis, bukan hanya properti primary tetapi secondary juga demikian.

Nilai tukar dollar yang menembus Rp 13.300, juga sangat terasa dampaknya bagi para pengusaha. Banyak temang-teman pengusaha yang mengeluh, bisnis sekarang sepi, proyek tidak ada. Bahkan di bulan puasa ini, yang biasanya penjualan mobil bekas buat mudik sudah mulai ramai, skg jg terasa sepi (mungkin juga karena banyak yang beli mobil baru karena sedang banyak promo DP ringan, hehehe).

Saya sendiri jujur sangat merasakan dampak dari pelemahan ekonomi ini, yang sudah terasa dari tahun 2013. Beberapa teman yang cukup dekat dengan saya bahkan sudah sampai tahap tanpa harapan. Namun, dalam setiap kesulitan selalu ada peluang, jalan dan kesempatan yang terbuka. Itulah mindset yang harus dimiliki oleh kita sebagai pengusaha atau wirausaha. Saya ingat dulu ada yang memberikan nasihat kepada saya, "Jika ingin kaya cari daerah yang sedang mengalami konflik atau perang", artinya bila kita ingin meraih kesuksesan situasi sulit maupun situasi nyaman dapat membuat kita menjadi sukses.

Saat kedaan ekonomi sedang melemah seperti ini, sudah saatnya kita mencari peluang-peluang baru atau bidang-bidang usaha diluar yang kita kerjakan saat ini. Saya pribadi melihat ada beberapa peluang dari usaha dari bidang MLM dan online (Google Adsense), karena setidaknya walau pendapatannya masih belum besar (karena baru mulai dan belum fokus) tetapi cukup menjanjikan kok. Kemudian peluang dari ide-ide bisnis yang terpikir juga bisa digarap setelah melakukan riset dan studi kelayakannya. Dan terakhir jangan lupa selalu berdoa, karena disaat-saat susah TUHAN tidak pernah meninggalkan umat-NYA. Selalu mohon petunjuk-NYA, agar bisa terlepas dari saat-saat sulit ini. Sukses!

0 comments:

Post a Comment