Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Wednesday, September 05, 2012

Belajar adalah Investasi Paling Awal

Saya sering mendengar, entah saudara ataupun teman saya, bahwa mereka ingin menjadi sukses dan kaya. Mereka punya impian menjadi pengusaha atau investor, punya rumah mewah, mobil mewah, uang yang banyak, sering jalan-jalan keluar negri, singkatnya mereka menginginkan gaya hidup orang-orang kaya yang sering mereka lihat atau dengar, baik dari TV, Film, atau majalah. Namun sering kali (kalau gak mau dibilang selalu) saat saya dengan serius menanggapi pembicaraan mereka dengan bertanya, "berapa banyak buku bisnis/investasi yang sudah dibaca (gak usah beli dulu deh) setiap bulannya?", jawabannya selalu mirip "gak ada".
 
Loh? Gimana mau jadi pengusaha atau investor kalau gak pernah belajar? Eh, baca buku itu salah satu bentuk belajar loh! Dan belajar itu adalah investasi paling awal kok! Saya sendiri menyadari itu, oleh karena itu saya selalu menyempatkan diri ke toko buku di mall, minimal 2x dalam sebulan untuk mencari apakah ada buku tentang bisnis/investasi yang menarik untuk saya baca dan pelajari. Sampai istri saya berkomentar, "rasanya kamu gak pernah gak beli buku kalo ke Gramedia yah?". Dan saya baca buku bukan hanya tentang bisnis/investasi saja loh, buku sejarah, rohani, bahkan komikpun selalu saya lalap. Sehingga saat saya ngobrol dengan orang lain, saya tuh gak bego-bego amat.

Sekedar berbagi saja, beberapa buku yang menjadi panduan dan memotivasi saya untuk menjadi pengusaha, antara lain:
  1. Rich Dad Poor Dad, karangan Robert Kiyosaki (buku yang mengubah paradigma saya tentang uang)
  2. Cashflow Quadrant, karangan Robert Kiyosaki (buku yang membuat saya memutuskan untuk pindah kuadran ke B)
  3. Guide to Investing, karangan Robert Kiyosaki (membahas lebih detil mengenai bisnis dan investasi, sayang buku ini tidak kembali setelah dipinjam sama teman kuliah saya dan di Gramedia sudah tidak ada lagi T_T)
  4. Retire Rich Retire Young, karangan Robert Kiyosaki (buku yang memotivasi saya untuk pensiun dini dan muda)
  5. The Richest Man in Babylon, karangan George S. Clason (mengajarkan dasar-dasar investasi dan hukum emas dengan bahasa yang sangat gampang di mengerti, sama nasibnya dipinjam dan tidak kembali, saya cari di toko buku sudah tidak ada lagi)
  6. Dan masih banyak lagi buku yang saya baca, yang kalo saya tulis satu-satu bikin pegel jari ngetiknya.
Buku-buku di atas bisa menjadi dasar untuk belajar dan memotivasi diri kalau memang ingin menjadi pengusaha atau investor. Tapi please baca dan belajar, jangan cuma ngimpi. Ada bedanya antara orang yang punya impian dan yang cuma bisa ngimpi lho! Pertanyaannya kita mau jadi yang mana?

0 comments:

Post a Comment